Jumat, 09 Januari 2015

Pemasukan Dollar dari Fotografi

Sejak menekuni hobby photography mulai tahun 2011, tujuanku hanya sekedar melampiaskan hasrat seni yang aku miliki sejak orok dan kebetulan ada rejeki untuk membeli kamera DSLR pertamaku berwujud Canon 1000D. Aku memotret apa saja, dari mulai anak-anak dirumah, jalanan, orang lewat, pedagang dipasar, pengemis, terus beralih ke serangga, sampai sempat dikatain orang gila karena tengkurep ditengah sawah motret capung jarum, sampai akhirnya mataku terkunci pada percikan air dan sekarang menjadi salah satu pencinta dan pelaku seni memahat air.

Foto-fotoku banyak aku sebar di beberapa komunitas foto baik dalam maupun luar negeri, namun tujuan utamaku awalnya hanya sekedar meramaikan dunia photography dengan hasil karyaku yang tidak seberapa dibandingkan dengan foto-foto lain yang sejenis.

Di setiap website photography diluar negeri, si pengelola juga berhak menjadi agen kita dan menjual foto-foto kita dan kita mendapatkan komisinya. Beberapa teman yang memiliki skill fotografi yang mumpuni, seringkali karyanya di publish di media-media international dan aku tahu bahwa ada komisi licensi disitu, dimana besaran komisinya bervariasi mulai dari US$10 sampai US$500 per foto, bahkan ada yang mencapai ribuan dollar.

Aku mencoba melihar-lihat sudah seberapa besar pendapatanku dari fotografi?

Dari 1x - US$1.67 namun berkat 1x juga, 2 foto license langsung dibayar oleh client sebesar US$250
Dari pixoto - walaupun sudah 11 kali menjuarai posisi #1 Weekly, tapi karena pesertanya dibawah minimum di kategori Abstract, aku tidak pernah bisa meng-klaim uang sebesar US$50 per foto, dan ketika dicheck "earning" ku di Pixoto ternyata hanya US$3
Dari 500px - US$525, ini merupakan pendapatan terbesarku untuk 1 buah foto, dimana foto Hidden Sapphire diminati untuk resale dan client membayar 500px sebesar US$750 dan aku mendapat komisi sebesar 70%
Dari Votoart - Sudah 2 foto yang menjuarai Weekly Cash Contest dengan total earning US$40

Apabila dibandingkan gajiku perbulan, pendapatanku diatas selama 3 tahun, tentunya tidak seberapa. Namun kepuasan bathin setelah belajar dan bersaing dengan ribuan photographer seluruh dunia, rasanya beda sekali dengan mendapatkan gaji bulanan. Karena ini adalah hobby yang dibayar.

So untuk teman-teman yang baru mulai belajar photography, kuncinya gampang sekali "Intip dan Pencet terus kamera kalian dan berkaryalah tanpa menyerah"



7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih sharingnya Mas..sukses selalu..dan tetap menginspirasi..:D (jenkgod)

    BalasHapus
  3. terima kasih mas Jhojon dan mas Munir... :)

    BalasHapus
  4. gmna sih cara jual foto di 500px mas? n cara cairin uangnya gmna? thanks before.

    BalasHapus
  5. mantap kang, ayo berkarya terus... salam jepret

    BalasHapus
  6. Bagaimana cara menjual photo

    BalasHapus